Home » » Memasang Widget Facebook Social Plugins di Blog

Memasang Widget Facebook Social Plugins di Blog


Memasang Widget Facebook Social Plugins di Blog
Walau sudah banyak yang mulai osan dengan facebook, tetapi keberadaannya sulit untuk ditinggalkan. Sebagai situs jejaring sosial yang mengawali meriahnya dunia internet, facebook terus berkembang. Bukan hanya untuk bersosialisasi, facebook menyediakan beberapa fitur yang seperti plugins (widget) untuk dipasang di website atau blog. Tentu saja fungsinya jelas, agar facebook bisa lebih menyebar dan banyak digunakan. Bagi blogger pun juga bisa membuat blognya lebih bersahabat dengan pengunjung. Karena sekarang ini hampir semua orang punya akun facebook.

Kali ini Belajar Ngeblog di BLOG akan membahas facebook social plugins yang bisa dipasang di blog dan manfaatnya. Apa saja itu? Berikut jawabannya:

1. Button Like dan Send
Button atau tombol like dari facebook ini banyak sekali yang memanfaatkannya. Tombol ini menungkinkan bagi pengguna membagikan konten yang dilihatnya kepada teman-teman yang ada di Facebook. Dengan mengklik tombol like maka konten itu akan muncul di news feednya dengan bentuk link.

Ada juga button atau tombol send (kirim). Tombol ini akan dengan mempermudah mengirim konten ke teman-teman mereka. Pengguna memiliki pilihan untuk mengirim URL blog kita dalam pesan ke teman-teman Facebook mereka, ke dinding salah satu kelompok dari kelompok Facebook mereka, dan sebagai email ke alamat email.

2. Comments Box
Comments box atau kotak komentar facebook ini dapat digunakan untuk mengomentari post blog kita. Pengunjung akan lebih mudah untuk memberikan komentar, kotak komentar ini juga difasilitasi moderasi dan distribusi atau menyebarkan konten baik post atau komentarnya ke news feed facebook yang bisa dilihat teman-temannya.

3. Recommendations Box
Facebook recommendation box, adalah widget dari facebook yang memberikan rekomendasi atau saran kepada pembaca. Widget ini akan menampilkan list post disertai dengan thumbnailnya. Ini bisa menjadi alternatif untuk memberikan lebih banyak pilihan menu ke pengunjung blog.

4. Recommendations Bar
Berbeda dengan recommendations box, widget facebook yang berbentuk bar ini akan muncul otomatis, di pojok bawah blog ketika pembaca men-scroll ke bawah sejauh tertentu. Kotak kecil itu akan membuka kotak besar yang berisi link (post) yang diajurkan untuk dibaca juga berdasarkan jumlah like atau yang sudah disukai teman di facebook.

5. Like Box
Biasanya blogger membuatkan halaman facebook untuk blognya, sepertinya juga halnya blog ini Belajar Ngeblog di BLOG juga memiliki halaman fanpage. Untuk meningkatkan jumlah pembaca atau membentuk komunitas akan lebih baik jika itu ditampilkan di blog juga. Facebook juga menyajikan plugins untuk mempromosikan halaman, yaitu Like Box. Dengan memasang like box akan menarik orang untuk like (suka) halaman facebook blognya.

Memasang Widget Facebook Social Plugins di Blog

Cara memasang like box cukup mudah, kita tinggal berkunjung ke facebook developer dan memilih Social Plugins lalu Like Box. Selanjutnya kita masukan URL halaman facebook, menentukan lebar widget, pilihan menampilkan stream atau tidak, dan warna. Jika sudah sesuai, tinggal klik Get Code, dan siap untuk kita tambahkan ke blog kode tersebut. Like akan menampilkan link ke halaman facebook, jumlah yang suka. Memperbanyak peluang bertambahnya jumlah like halaman facebook kita.

Itulah beberapa plugins dari facebook yang bisa dimanfaatkan untuk blog kita. Selain untuk membuat blog lebih menyatu dengan facebook, widget di atas juga bisa bermanfaat untuk mendapatkan lebih banyak traffik blog. Kamu sudah pasang yang mana?
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Blogspot.com | Freza Nugraha | Master Template
Copyright © 2013. Pustaka cyber - All Rights Reserved
Template Modify by Freza Nugraha
Proudly powered by Blogger