Home » » MEMILIH JODOH DALAM ISLAM dan DOA PENDEKAT JODOH

MEMILIH JODOH DALAM ISLAM dan DOA PENDEKAT JODOH



http://ayonikah.com/?mitra=rudi99

Setiap manusia ingin hidup bahagia.Oleh karenanya sepanjang sejarah manusia berlomba-lomba supaya bahagia yang didambakan itu dapat diperolehnya samapai-sampai hal tersebut menjadi sebab terjadinya perselisihan,bahkan pertikaian.

Dan dari kebesaran Allah Subhanahu Wataala diciptakannya istri atau jodoh diantara kamu sekalian supaya kamu bisa hidup tenang,bahagia dan hidup keberkahan.

Sebagai sebuah kewajaran didalam diri manusia terdapat perasaan suka memilih-memilih dalam menentukan jodoh.Dan terkadang tiba-tiba timbul atau sebuah pertanyaan bagaimana kita mencapai sebuah pilihan yang ideal.Ini merupakan pertanyaan sentral yang kita hadapi untuk saat ini.Jawabnya sebenarnya sangat sederhana dan jelas,yaitu dengan mengikuti paradigma wahyu al-quran dan sunnah.
Kebanyakan orang memandang bahwa jodoh itu sebagai pelengkap hidup.Anggapan ini menjadikan perjodohan hanya dipungsikan sebagai pelepas hawa nafsu dan memperoduksi anak saja dan alangkah sangat bodohnya orang yang punya pandangan seperti ini.
Sudah menjadi sunnatullah (hukum alam) jika setiap orang memiliki keinginan untuk memilih.Supaya tidak terjadi kekeliruan atau penyesalan dalam memilih jodoh,marilah berusaha mengambil hikmah hadist Rasululllah SAW dan mengambil petunjuk Dengan iman yang kuat supaya mendapat jodoh yang kita harapkan.

"Dari Abi Hurairah Ra ia berkata : Dari nabi SAW belia bersabda : Seorang perempuan dinikahi sebab emapat faktor: Sebab hartanya,keturunannya,kecantikannya,dan agamanya.Maka pilihlah perempuan yang memiliki agama,maka rugilah bagi kamu yang tidak memilih orang yang baik agamanya.

Ada empat faktor yang menjadi pertimbangan dalam menentukan perempuan yang akan menjadi pendamping hidup:
1.Sebab hartanya
2.Sebab keturunanya
3.Sebab kecantikanya,dan
4.Sebab agamanya.

Bila diawali kita sudah menerangkan beberapa pandangan tentang bagaimana kita memilih jodoh yang benar,maka seharusnya kita memahami hikmah dari Rasulullah saw yang menunjukan langsung secara tepat kepada wanita yang baik agamanya,dikarenakan istri adalah teman diwaktu suka dan duka,teman tidur kita,yang mengasuh dan menjaga anak kita,yang menjaga harta kita,rumah kita,diri kita sendiri.

Sebagai hadits riwayat ibnu majah,Imam bazzar dan Imam baihaqi dari Abdulllah bin Ummar bahwa Rasulullah Saw Bersabda yang artinya:Jangan kamu nikahi wanita karena kecantikannya,karena kecantikan bisa menjadikan fitnah,dan jangan pula kamu nikahi wanita karena hartanya,karena harat bisa bisa merendahkan martabat dan kehinaan.Kawinilah wanita karena agamanya,sebab wanita yang hitam,jelek tapi baik agamanya itu lebih baik dari wanita yang kaya,cantik yang tidak memiliki agama.

Dan hal ini memmang kita harus perhatikan karena sebagai mana hadits ;
"Idza wasada al amri illa ghaeri ahlihi fangtadziru al assaati" Jika suatu perkara itu diserahkan pada yang bukan ahlinya,maka tunggulah saatnya (saat kehancuran dan kegagalanya)

Walhasil kita harus cermat memilih orang yang tepat untuk keharmonisan rumah tangga,agar yang kita cita-citakan dapat tercapai,amin.

Wallahualam bisshowaf,,!
http://ayonikah.com/?mitra=rudi99
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Blogspot.com | Freza Nugraha | Master Template
Copyright © 2013. Pustaka cyber - All Rights Reserved
Template Modify by Freza Nugraha
Proudly powered by Blogger