Home » , » 5 Jenis Es Fenomenal Indonesia yang Mulai Menghilang

5 Jenis Es Fenomenal Indonesia yang Mulai Menghilang


 Di Indonesia memang kaya akan makanan dan minuman tradisional dan terkenal di jamannya. Banyak sekali makanan dan minuman yang dahulu kita selalu melihat dan bahkan mengonsumsinya tetapi pada akhir-akhir ini kita sangat sulit untuk menemuinya. Berikut ini 5 jenis minuman es yang mulai sulit ditemui versi Inagurasi.com:
1. Selendang Mayang

Bagi masyarakat khususnya masyarakat Betawi pasti tidak asing mendengar jenis minuman yang juga mengenyangkan dengan nama selendang mayang. Minuman ini dapat mengenyangkan karena bahan utama dari selendang mayang yaitu tepung sagu dan tepung beras yang berbentuk kue seperti agar-agar serta disiram dengan kuah santan yang gurih dan segar.

2. Es Goyang

Pernahkah Anda merasakan es dengan nama es goyang. Jika belum, memang pada akhir-akhir ini es goyang telah sulit kita temui apalagi jika di kota-kota besar tetapi dahulu es ini pernah terkenal dan menjadi penghilang dahaga yang favorit. Hal tersebut karena harga dari es goyang ini merakyat disamping dari rasanya yang khas serta bentuknya yang unik.Bentuk es goyang ini kebanyakan persegi panjang dengan menggunakan pegangan dari bambu yang kecil seperti tusuk sate atau dari lidi.

3. Es Potong

Sama seperti es goyang hanya saja es ini berbentuk silinder dan pembuatannya pun tidak di goyang tetapi hanya didinginkan saja di dalam plastik. Es ini sesuai dengan namanya es potong memang dakam penyajiannya dipotong dari bentuknya yang panjang dipotong dalam bentuk yang lebih pendek sesuai harga yang dipatoknya. Akan tetapi tetap saja menggunakan pegangan dari tusuk bambu atau lidi. Serta biasanya disajikan dengan dicelupkan ke dalam sirop atau coklat cair. Rasanya pun beragam, mulai dari pandan, coklat, santan, hingga nangka dan durian.

4. Es Serut Cetak

Mungkin sedikit terdengar aneh dengan nama es serut cetak, memang es yang terkenal di Jawa Barat ini sebenarnya tidak diketahui secara pasti namanya tetapi dilihat dari proses pembuatannya layak disebut es serut cetak. Cara pembuatan es ini memang berbeda, es balok dipotong kecil sesuai ukuran lalu kemudian diserut dan dimapatkan ke dalam cetakan dalam beragam bentuk biasanya berbentuk bintang dan boneka kemudian diberi pegangan lalu dilumuri dengan sirop beragam rasa.

5. Limun Sarsaparilla

Limun sarsaparilla atau yang biasa dikenal di kalangan masyarakat Jawa Tengah khususnya Yogyakarta dengan sebutan Cola Jawa. Minuman ini memang memiliki rasa yang hampir sama seperti minuman cola lainnya, limun sarsaparilla tetap memiliki kandungan karbonisasi di dalamnya. Minuman ini bahkan sangat populer di era tahun 50an hingga 70an dan bahkanbagi yang mampu membeli minuman ini akan dianggap modern, simbol kemajuan, dan sangat berkelas di zamannya.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Blogspot.com | Freza Nugraha | Master Template
Copyright © 2013. Pustaka cyber - All Rights Reserved
Template Modify by Freza Nugraha
Proudly powered by Blogger