Home » » Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Anti Selip

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Anti Selip



cara memperbaiki hardisk bad sector image

Apakah bad sector masih bisa diperbaiki? Begitu pertanyaan teman-teman semua. Tentu ini bukan pertanyaan yang mudah untuk dijawab karena diperlukan beberapa pengetahuan dasar tentang seluk beluk hardisk mulai dari bagian-bagiannya sampai cara kerjanya sampai apa itu bad sector dan bagaimana cara memperbaiki hardisk bad sector.
Bad sector disebut juga bad block merupakan istilah teknis dalam bidang komputer yang digunakan untuk memberikan pengertian bahwa ada sebuah area pada harddisk yang rusak. Bad sector sendiri ada dua macam yaitu bad sector berupa kerusakan fisik dan bad sector karena kerusakan software.
Bad sector fisik merupakan kerusakan hardisk pada bagian hardware plate hardisk. Hal ini terjadi disebabkan oleh hardisk terkena debu,  terjatuh, serta terkena benturan benda keras dan sebagainya. Sedangkan bad sector software disebabkan oleh shutdown yang tidak benar atau komputer saat menyala mendadak mati karena listrik padam secara tiba-tiba. Kerusakan hardisk secara fisik sangat sulit untuk diperbaiki sedangkan kerusakan secara software dapat diperbaiki lebih mudah.

Cara Mengatasi Bad Sector Pada Hardisk dengan Program Windows
Stop! Anda tidak perlu berputar-putar terus di internet untuk mencari solusi atas permasalahan yang terjadi pada perangkat komputer Anda. Qbonk Media Group telah menyiapkan lebih dari 10 Ebook Teknisi Komputer paling lengkap untuk Anda. Ebook teknisi PC, Laptop, Jaringan, Motherbord, Printer, Hardisk, Monitor LCD, Power Supply, BIOS dan Panduan Windows 7 terupdate ditambah dengan berbagai bonus ada disini. Mau? Download Ebooknya sekarang juga! 
Microsoft windows memiliki tools sederhana yang lumayan dapat diandalkan untuk mengatasi bad sector jenis software. Saat menginstal windows, tool ini secara otomatis terinstal pula. Nah, inilah cara mengatasi bad sector menggunakan tools bawaan windows.
  1. Silakan buka jendela windows explorer
  2. Pilih disk / drive yang akan anda diperiksa dan di perbaiki.
  3. Klik kanan disk /drive tersebut kemudian pilih [Properties].
  4. Akan muncul jendela baru dan pilih tab [Tools].
  5. Klik tombol [Check Now] yang berada dibawah Error Checking Status.
  6. Tergantung pada versi Windows Anda, pilih salah satu [Thorough] atau [Scan for and Attempt Recovery of Bad Sectors]
  7. Klik [Start] kemudian tunggulah sampai proses selesai.
  8. Restart komputer.
Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Hardisk dengan beberapa tools
Ada beberapa tools yang dapat Anda download dari internet untuk memperbaiki bad sector secara software. Diantara tools tersebut adalah :
1. HDD LLF Low Level Format Tool
Progam Low level format (LLF) merupakan tool yang memiliki kegunaan menghapus seluruh informasi partisi dan seluruh data didalam hardisk termasuk juga informasi bad sector di bagian yang dinyatakan rusak. Dengan menjalankan tools ini maka keadaan hardisk kita akan seperti kondisi pertama kali digunakan. Jadi, harus ekstra hati-hati terutama jika ada data-data penting yang tersimpan, karena akan musnah dan sulit untuk di recovery lagi.
Berikut ini adalah cara menggunakan HDD Low Level Format Tool:
  1. Download programnya disini
  2. Install di komputer dan kemudian jalankan program HDD Low Level Format tools.
  3. Pilih hardisk yang akan di format, kemudian klik Continue.
  4. Klik tab LOW-LEVEL FORMAT kemudian klik FORMAT THIS DEVICE
  5. Prosesnya akan memakan waktu yang lama. Tunggu hingga proses selesai.
HDD Low Level Format Tool selain untuk hardisk (SATA, IDE atau SCSI), bisa juga untuk memformat Flashdisk, Flash Card dkk.
Bad Block Recovery Softwares dari Vendor Hardisk
Produsen hardisk telah menyediakan software untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan jika hardisk mengalami kerusakan, diantaranya adalah :
  1. Fujitsu IDE Low level Format Utility. Dowload disini! 
  2. Seagate’s Seatools for Windows serta Seagate’s Seatools for DOS. Dapat digunakan untuk hardisk merek Seagate, Maxtor ataupun hardisk dari vendor lain, Dowload disini!
  3. Western Digital Data Lifeguard Diagnostics. Khusus untuk Hardisk dari Western Digital Dowload disini!
Demikianlah artikel tips komputer tentang cara memperbaiki hardisk bad sector, semoga artikel ini bisa melengkapi ebook teknisi laptop buat Anda. 
Source :http://tips-komputer.com


Read more: http://index5tkj.blogspot.com/2013/01/cara-memperbaiki-hardisk-bad-sector.html#ixzz2PVRkLAAT
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Blogspot.com | Freza Nugraha | Master Template
Copyright © 2013. Pustaka cyber - All Rights Reserved
Template Modify by Freza Nugraha
Proudly powered by Blogger