Home » , » Faktor-faktor penyebab Kerusakan Hardisk Komputer

Faktor-faktor penyebab Kerusakan Hardisk Komputer




Faktor-faktor penyebab Kerusakan Hardisk Komputer image


Faktor-faktor penyebab Kerusakan Hardisk Komputer yaitu:

1. Faktor usia hardisk
Usia hardisk yang telah lama merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kerusakan hardisk. Hal ini sudah dapat dimaklumi. Namun, dengan perawatan yang tepat hardisk Anda akan lebih awet bahkan bisa kita wariskan kelak kepada anak dan cucu hehe

2. Over Heat
Panas yang berlebihan dapat memicu kerusakan hardisk. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa hampir semua peralatan listrik mengalami efek samping terjadinya panas sebagai akibat dari perubahan energi listrik. Untuk mencegahnya kita dapat menggunakan pendingin tambahan pada hardisk. Harganya di pasaran pun relatif murah, kurang lebih hanya 15 ribu rupiah.
3. Jatuh atau terbentur
Terkadang tiba-tiba saja laptop kita jatuh atau hardisk yang kita bawa terbentur benda-benda keras lain saat melakukan pemindahan hardisk. Untuk menghindari hal ini Anda dapat membawa laptop menggunakan tas yang aman, atau saat memindahkan hardisk sebisa mungkin menghindari guncangan.
4. Shutdown tidak sesuai prosedur
Mematikan komputer dengan langsung mencabutnya dari steker dapat berakibat fatal untuk kondisi hardisk. Jadi pastikan Anda mematikan komputer dengan prosedur shutdown yang tepat.
5. Aktifitas Hardisk Berlebihan
Terlalu sering bermain game, memutar musik dan video berlama-lama dapat mengganggu kesehatan hardisk. Setidaknya Anda harus bijak dalam menggunakan komputer atau laptop.
6. Sering listrik padam dan listrik turun naik tidak stabil
Seringnya listrik padam yang mengakibatkan komputer mati mendadak dapat menyebabkan kerusakan hardisk. Jadi jika di daerah Anda listrik tidak normal silakan gunakan penngaman tegangan seperti UPS dan stavolt.
7. Membawa laptop dalam kondisi menyala
Saat latop dalam kondisi standby atau hibernate disarankan untuk tidak membwa laptop kemana-mana karena beresiko terkena guncangan berlebihan.
8. Terlalu Sering atau Tidak Sama Sekali Melakukan Defrag
Tujuan defrag adalah untuk melakukan perawatan hardisk, namun jika berlebihan melakukannya dapat menyebabkan bad sector pada hardisk. Di sarankan melakukannya 2-3 bulan sekali saja.
9. Harddisk Tidak di Rawat
File-file sampah seharusnya dibuang. File yang tidak tersusun rapi menyebabkan file saling menimpa dan head hardisk membaca dengan acak sebab susunan file tidak rapi. Hal ini dapat menyebabkan bad sector.
10. Sering melakukan instal dan uninstal program
Terlalu sering melakukan penginstalan program maupun uninstal program pada komputer dapat menyebabkan hardisk mudah mengalamai bad sector. Begitu juga terlalu over melakukan instal ulang.


Read more: http://index5tkj.blogspot.com/2013/01/faktor-faktor-penyebab-kerusakan.html#ixzz2PVRGLUfC
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Blogspot.com | Freza Nugraha | Master Template
Copyright © 2013. Pustaka cyber - All Rights Reserved
Template Modify by Freza Nugraha
Proudly powered by Blogger